Kamis, 14 April 2011

MANFAAT BUAH MENGKUDU

 Siapa yang tidak mengenal buah mengkudu atau sering juga disebut dengan pace? Buah yang buruk rupa dan berbau tak sedap ini ternyata punya banyak manfaat.
Menurut Djoko Maryono, dokter spesialis internis dan kardiologis Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, mereka yang berusia emas sangat cocok mengonsumsi buah mengkudu.
"Banyak manfaat di dalamnya, misal sumber antioksidan," katanya. Antioksidan ini bisa mengunci radikal bebas yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.
Buah yang mempunyai nama latin Morinda citrifolia ini juga bisa meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar timus. Kedua kelenjar ini mempunyai fungsi melawan infeksi dan menjaga kekebalan tubuh. Menurunnya fungsi kelenjar ini akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.
Berdasarkan berbagai penelitian, buah berbau tak sedap ini mengandung mineral yang berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan begitu, jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Alhasil, tekanan darah pun bisa normal.
Buah mengkudu juga dipercaya bisa mengendalikan sel kanker dan tumor. Memang, jika kanker atau tumor sudah muncul, maka pengobatan berupa operasi atau kemoterapilah yang dibutuhkan. Namun, mengonsumsi buah mengkudu secara teratur bisa menghambat pertumbuhan sel tumor atau sel kanker lebih besar.

5 komentar:

  1. meskipun berbau wawwww alias tak sedap ternyata buah mengkudu mempunyai banyak khasiat bgi tubuh,. eh mas mengenai pemanfaatan mengkudu sebagai sabun thu gimana y???

    BalasHapus
  2. itu tu ya, Sabun Mengkudu dibuat dengan dasar minyak kelapa murni yang diproses secara manual sehingga minyak yang dihasilkan lebih kental dan murni dengan demikian kandungan pelembabnya lebih baik untuk memperbaiki tampilan kulit agar lembut dan halus serta mengandung anti oksidan yang melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas.

    Manfaat Sabun Mengkudu:
    1. Menghaluskan kulit dan menjaga penampilan kulit menjadi lebih sehat
    2. mengatasi kulit kering dan kasar.
    3. Anti bakteri dan antiseptik, mengatasi masalah kulit seperti jamur, ruam pada lipatan kulit, eksim yang disebabkan oleh bakteri jamur.
    4. Membantu mengatasi jerawat dan menipiskan flek flek bekas jerawat
    5. Mempunyai manfaat anti oksidan yang melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan, debu, polusi yang mengganggu kesehatan kulit.
    gimana, bisa dimengerti kan?

    BalasHapus
  3. Selain itu ada beberapa fungsi yang sangat bermanfaat diantaranya, berfungsi mengatur tekanan darah, mengatur hormone serotonin, yang membantu menurunkan kadar kecemasan dan depresi.meningkatkan system pertahanan tubuh. Selain dua zat di atas, pace/mengkudu juga mengandung gum, asam malat, asam sitrat, dan senyawa antiseptic.

    BalasHapus
  4. oouu.. jadi buah mengkudu itu multi fungsi ya mas.. siph siph.. gimana kalo kita coba buat obat-obatan dari mengkudu., lumayan itung-itung latihan manajemen pemasaran., hehhee.. disekitar hums ku banyak tapi gak ada yg mau memanfaatkan itu.,

    BalasHapus
  5. saa masih bingung, buah mengkudu ini sebenarnya baik untuk mengatasi tekanan darah rendah apa tekanan darah tinggi ato malah untuk menstabilkan keduanya??? trus saia juga baru dengar tentang hormon serotonin, hormon apakah itu, dan berfungsi untuk apa???

    BalasHapus